Thursday, April 17, 2014

Pentingnya Penerapan K3 dalam Lingkungan Kerja

Persaingan industri yang semakin ketat  menuntut perusahaan untuk mengoptimalkan  seluruh sumber daya yang dimiliki dalam  menghasilkan produk berkualitas tinggi.  Kualitas produk yang dihasilkan tidak terlepas dari peranan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki perusahaan. Faktor-faktor  produksi dalam perusahaan seperti modal,  mesin, dan material dapat bermanfaat apabila  telah diolah oleh SDM yang berkualitas. SDM yang berkualitas sebagai tenaga  kerja tidak terlepas dari masalah-masalah yang  berkaitan dengan keselamatan dan  kesehatannya sewaktu bekerja.


Riset yang dilakukan badan dunia  International Labour Organization (ILO)  menghasilkan kesimpulan, setiap hari rata-rata 6.000 orang meninggal, setara dengan satu orang setiap 15 detik atau 2,2 juta orang per  tahun akibat sakit atau kecelakaan yang  berkaitan dengan pekerjaan mereka. Salah satu contoh kecelakaan kerja adalah Pekerja yang sedang membersihkan kaca tewas karena jatuh dari gondola Menara Batavia  dari lantai  33 dan  terhempas dilantai 29 diduga tidak memasang tali pengaman yang menyebabkan dia terjatuh (Kompas, 2011).


Dari berita diatas, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri  dan Laboratorium DSK&E Universitas Islam Indonesia merasa perlu untuk mengadakan Training Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang dibuka untuk mahasiswa. Training ini diadakan bekerja sama dengan Pusat Training Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Training Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan suatu manifestasi ilmu pengetahuan serta penerapannya di dunia kerja. 

Di ambil dari http://k3uii.blogspot.com/2013/03/alasan-di-adakannya-training-k3.html

No comments:

Post a Comment